Cara menghilangkan minyak di wajan dengan mudah dan efektif

0
35
Cara menghilangkan minyak dari wajan

Cara menghilangkan minyak dari wajan – Bagi Anda yang gemar memasak, Anda tentu akrab dengan semua masalah yang Anda hadapi saat di dapur, termasuk wajan atau wajan yang masih meninggalkan minyak. Panci kesayangan yang menempel dengan noda minyak tentu akan membuat Anda kesal. Apalagi noda minyak sulit dihilangkan.

Menghapus minyak dalam wajan ternyata mudah dilakukan. Anda memerlukan beberapa trik khusus agar minyak keras kepala di wajan dapat dibersihkan dengan mudah sehingga wajan akan kembali bersih dan kegiatan memasak Anda akan menyenangkan lagi.

Jadi bagaimana cara menghilangkan minyak dari wajan? Nah, untuk mengetahuinya Anda bisa merujuk ke pembahasan di bawah ini.

Cara menghilangkan minyak di wajan dengan mudah dan efektif

Membersihkan minyak dalam wajan tidak cukup untuk mencuci seperti biasa, tetapi dibutuhkan trik atau cara khusus agar minyak benar-benar hilang dan panci kembali bersih seperti semula. Adapun cara menghilangkan minyak dalam wajan dengan mudah dan praktis sebagai berikut.

Baca juga: Kiat Membersihkan Kulit Cakar Telur yang Efektif dan Mudah Menempel pada Wajan

Rendam wajan dengan air panas

Cara menghilangkan minyak dari wajan

Meskipun sering dicuci permukaan panci tetap berminyak. Bahkan ketika wajan kering, minyak tetap menempel di wajan dan menyebabkan bau yang tidak sedap. Nah, agar wajan Anda tetap bersih dan noda minyak kembali menjadi cair, setelah menggunakan wajan atau wajan itu harus segera direndam dengan air panas. Kemudian tutup dan diamkan beberapa saat sampai minyaknya membusuk. Anda harus menutupnya dengan erat agar airnya tidak menjadi dingin dengan mudah.

Selain itu, Anda juga bisa merendamnya menggunakan bahan asam. Bahan asam akan mampu mengangkat minyak keras kepala di wajan atau peralatan memasak lainnya. Selain menggunakan cuka, Anda juga bisa menggunakan jus lemon. Namun, jangan terlalu banyak menggunakannya. Anda bisa menuangkannya sebanyak 1 sendok teh ke dalam air rendaman. Cara ini akan membuat panci bersih, harum dan kasar.

Rendam wajan dengan sabun

Cara menghilangkan minyak dari wajan

Ada satu hal lagi yang harus Anda tambahkan, yaitu air sabun. Air sabun akan dapat membantu menghilangkan lemak yang menempel di wajan, dan akan membusuk saat dibilas. Jika noda minyak kuat dan tebal, Anda bisa merendamnya selama sekitar 1 jam. Jika wajan sudah direndam selama satu jam, Anda bisa menggosoknya sampai minyaknya pecah. Kemudian Anda bisa membilasnya menggunakan air hangat.

Keringkan Wajan

Cara menghilangkan minyak dari wajan

Jika panci telah dibilas menggunakan air hangat, Anda dapat mengeringkannya segera menggunakan tisu atau kain. Anda bisa menggunakan tisu atau kain yang bisa menyerap air dengan baik. Pastikan tidak ada tetesan air yang ditemukan di panci. Karena air yang tersisa di wajan akan bisa menjadi bintik bernoda. Anda harus mengeringkannya dengan benar sebelum panci disimpan.

Lihat juga: Tips Efektif untuk Membersihkan Kerak, Panci atau Panci

Merawat peralatan dapur sangat penting, mengingat peralatan dapur digunakan untuk memasak. Jika peralatan dapur bersih, kebersihan makanan akan terjaga. Bagi Anda yang sering mengeluh karena noda minyak pada wajan sulit dihilangkan, Anda dapat membersihkannya lagi menggunakan metode di atas. Dengan metode di atas, panci Anda akan kembali bersih dan ramping. Semoga bermanfaat.

Posting Bagaimana Menghilangkan Minyak di Wajan Mudah dan Efektif muncul pertama kali di Selerasa.com.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here