5 Cara Membersihkan Pemasak Nasi Agar Tahan Lama dan Seperti Baru Lagi

0
33

Cara Membersihkan Pemasak Nasi – Membersihkan penanak nasi jangan sampai gegabah. Ada beberapa trik membersihkan penanak nasi agar tahan lama dan seperti baru lagi. Nah, berikut ini cara membersihkan penanak nasi yang bisa Anda lakukan.

Cara Membersihkan Pemasak Nasi

Cara Bersihkan Penanak Nasi Agar Tahan Lama dan Seperti Baru Lagi

Cara membersihkan penanak nasi yang baik dan benar agar tidak mudah rusak. Anda bisa berlatih di rumah dengan mudah. Mari kita lihat cara membersihkan penanak nasi agar tahan lama dan seperti baru lagi seperti berikut.

Baca juga: Cara Membersihkan Kulkas dengan Mudah

Masak Air dalam Rice Cooker

Cara Membersihkan Pemasak Nasi

Setelah nasi habis, penanak nasi biasanya dibiarkan dengan nasi kering. Nasi kering biasanya menempel pada lapisan wajan. Cara membersihkan ketan sangat mudah, Anda bisa melihat caranya di bawah ini.

  • Pertama, tolong isi panci dengan air hingga ¾ ketinggian wadah.
  • Setelah itu, Anda dapat menekan tombol masak, dan memasak selama sekitar 15 hingga 20 menit.
  • Setelah selesai, sisa ketan akan lebih mudah dibersihkan.

Cuci dengan Air Hangat

Cara Membersihkan Pemasak Nasi

Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk membersihkan penanak nasi adalah menggunakan air hangat. Anda dapat mempertimbangkan cara-cara berikut.

  • Hapus panci dari penanak nasi. Maka Anda bisa mengisinya dengan air hangat.
  • Setelah itu, silakan tuangkan satu sendok makan sabun cuci piring. Kemudian aduk sampai air berbusa.
  • Diamkan selama beberapa menit. Jika demikian, nasi yang menempel akan lepas dan menjadi lebih mudah dibersihkan.
  • Anda harus membersihkannya menggunakan spons lembut.

Lap Pemasak Nasi Hingga Bersih

Cara Membersihkan Pemasak Nasi

Saat membersihkan penanak nasi, Anda juga harus memperhatikan bagian dalam, juga bagian luar penanak nasi. Meskipun bagian itu tidak terkena nasi, tetapi jika tidak dibersihkan pasti akan ada noda kecoklatan di penanak nasi karena panas.

  • Caranya adalah, bersihkan bagian dalam penanak nasi dengan menggunakan kain basah yang sudah Anda campur dengan sedikit sabun cuci piring.
  • Setelah menyeka, Anda tidak harus meninggalkannya terlalu lama. Anda bisa langsung menyeka lagi menggunakan kain kering.
  • Sedangkan untuk eksterior Anda hanya perlu membersihkannya menggunakan kain kering sampai bersih dan ramping.

Jangan Gunakan Sabut

Cara Membersihkan Pemasak Nasi

Sisa-sisa nasi yang menempel di wajan biasanya akan cukup sulit dibersihkan. Untuk membersihkan sisa nasi, kita sering menggunakan sabut untuk membersihkan panci. Padahal sabut akan dapat menyebabkan erosi pada lapisan antilengkat. Jika terkikis, lapisan antilengket pada wajan akan bercampur dengan nasi dan berbahaya bagi kesehatan.

Karena itu, sebagai cara membersihkan panci dengan benar, hindari menggunakan sabut. Agar nasi yang menempel lebih mudah dibersihkan, Anda lebih baik menggunakan metode seperti yang telah kami jelaskan di atas. Kemudian gunakan spons lembut saat membersihkan.

Hindari Mencuci Nasi di Panci

Cara Membersihkan Pemasak Nasi

Mencuci nasi dalam pot menjadi kebiasaan yang sering dilakukan. Padahal tekstur beras yang keras akan menyebabkan goresan lapisan antilengket.

Karena itu, cara mencuci nasi yang benar tidak ada di dalam panci. Tapi Anda bisa menggunakan wadah terpisah. Cuci beras sampai benar-benar enak, lalu Anda bisa memasukkan nasi ke dalam wajan setelah bersih.

Lihat juga: Cara Menyingkirkan Minyak di Wajan dengan Mudah dan Efektif

Itulah beberapa cara untuk membersihkan penanak nasi agar tahan lama dan seperti baru lagi. Semoga bermanfaat.

Posting 5 Cara untuk Membersihkan Rice Cooker Agar Tahan Lama dan Seperti Baru Lagi muncul pertama kali di Selerasa.com.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here